Social Profiles

Pages

Kamis, 09 Agustus 2012

NOKIA GANDENG 9 PERUSAHAAN LABEL MUSIK INDONESIA

TEMPO.CO, Jakarta - Nokia menggandeng sembilan perusahaan label musik Indonesia dalam kerja sama layanan Nokia Musik, sebuah fasilitas unduh musik legal yang tersedia dalam ponsel seri Nokia Asha. “Kami bayar ke label, kami bayar ke artis,” kata Product Manager Nokia Indonesia Irwan Hermawan seusai peluncuran Nokia Asha 302 pekan lalu.

Namun Irwan enggan membeberkan pola kerja sama Nokia dengan para perusahaan label musik tersebut. “Pokoknya ada hitung-hitungan, tapi bagaimana caranya, tidak bisa kami sampaikan,” katanya.

Sembilan perusahaan label musik yang telah bekerja sama dengan Nokia Musik adalah Arka, Musica Studio, Trinity Optima Production, Aquarius, Virgo Ramayana, Sani Music Indonesia, Indo Semar Sakti, Emotion, dan Pelangi.

Menurut Irwan, Nokia sengaja mengembangkan layanan Nokia Music pada seri ponsel yang harganya relatif terjangkau. Pelayanan ini diharapkan bisa menjaring pengguna jauh lebih banyak serta mengaktivasi lebih banyak, ketimbang layanan ini hanya ada di seri ponsel cerdas Nokia yang berharga mahal.

Langkah Nokia ini disambut positif oleh perusahaan label musik. Menurut Direktur Trinity Optima Production Yonathan Nugroho, kerja sama dengan Nokia ini menjadi solusi bagi perusahaan musik setelah dihentikannya layanan RBT. “Apalagi sekarang ilegal download begitu mudah,” katanya.

Menurut Yonathan, layanan Nokia Musik ini seolah-olah gratis bagi konsumen. Namun sebenarnya layanan ini sudah termasuk di dalam harga jual ponsel. “Nokia yang mengurangi keuntungan untuk dibayarkan ke industri musik,” kata Yonathan kepada Tempo.

Yonathan mengatakan pangsa pasar dari layanan ini adalah sebesar jumlah unit ponsel yang dijual Nokia. “Nokia Asha 302 ini kabarnya 2 juta handset, jadi pasarnya, ya, sebesar itu,” katanya.

Selain dengan Nokia, Trinity juga sudah menjalin kerja sama dengan Nexian. Kerja sama yang sudah berjalan satu tahun ini dinilai Yonathan cukup memberikan keuntungan bagi perusahaan musik. “Ada satu juta handset nexian, berarti satu juta orang di mana satu orang bisa beberapa kali men-download,” katanya.

Perusahaan musik, kata Yonathan, juga sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Samsung. Nokia sendiri, kata Irwan, akan terus menambah musik Indonesia dalam layanan Nokia Musik. Demikian pula jumlah perusahaan label musik yang diajak kerja sama.

“Kalau bisa sebanyak-banyaknya,” katanya

2 komentar:

  1. http://www.reverbnation.com/musamchsb75

    BalasHapus
  2. indonesia kadang2lah...
    benar semua itu bro
    tp yg bicara uanjg...
    mumett beta hehehe
    aduuuh mama sayang ee trimakasih buat postingnya eee
    dikit2 beta su ngerti na
    om cobah badengar beta pung lagu dolo to..
    LINK URL : http://www.reverbnation.com/musamchsb75

    BalasHapus